Prakata

Ass. Wr. Wb
Salam sejahtera bagi kita semua


Puji dan syukur senantiasa kita persembahkan kehadirat Tuhan YME, atas kehendak-Nya kita senantiasa berada dalam perlindungan-Nya.

Pada kesempatan ini saya memberanikan diri untuk menggoreskan pena dalam pengantar terbentuknya blog kumpulan amanat maupun sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih. Saya yakin blog ini dapat dijadikan sarana untuk referensi berita bagi kita bersama.

Tidak lupa saya ungkapkan terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak atas ide dan saran yang mendukung hingga terciptanya blog ini.

Terima kasih.

Wass. Wr.Wb


Jayapura, Juli 2008



(Pace Darock)

Minggu, 27 Juli 2008

AMANAT

PADA UPACARA PENUTUPAN

PENDIDIKAN SECABA PK TNI AD TAHAP II DAN SECATA PK TNI AD GELOMBANG II TAHAP II

TA. 2007

Tanggal : 26 Juli 2008

Tempat : Lapangan Pancasila Rindam XVII/Cenderawasih.

Yang saya hormati:

- Kapolda Papua (atau yang mewakili), Danlantamal X Jayapura (atau yang mewakili) serta Danlanud Jayapura (atau yang mewakili);

- Para pejabat Kodam XVII/Cenderawasih;

- Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih;

- Insan Pers dan undangan sekalian yang saya cintai;

- Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Rindam XVII/Cenderawasih serta pelajar sekalian yang saya cintai dan saya banggakan;

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti upacara penutupan pendidikan secara bersamaan diantaranya Secaba PK TNI AD Tahap II yang diikuti 51 orang pelajar dan Secata PK TNI AD Gel II Tahap II diikuti 107 orang pelajar Kecabangan Infanteri TA 2007.

Pendidikan ini merupakan program TNI AD dalam rangka membentuk Prajurit yang handal, baik fisik, akademik maupun mental kepribadian yang Sapta Marga serta mempunyai jasmani yang samapta sebagai modal dasar untuk menjawab tantangan tugas bagi seorang Prajurit Ksatria Pelindung Rakyat.

Untuk itu, selaku pribadi dan Pangdam XVII/-Cenderawasih, saya mengucapkan selamat kepada kalian yang telah menyelesaikan pendidikan. Dengan demikian, para mantan pelajar patut berbangga karena kalian merupakan calon-calon yang dinilai baik dari begitu banyak Prajurit, sehingga sudah sepatutnyalah kesempatan ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk meniti karier ke masa depan.

Sadarilah, keberhasilan kalian dalam mengikuti pendidikan ini, tidak hanya memberi dampak pada perubahan status, tetapi juga akan membuka peluang untuk peningkatan karier yang lebih tinggi, pada akhirnya akan berpengaruh positif pada kehidupan kalian ke depan.

Maka, mulai saat ini kalian perlu membangkitkan motivasi yang sudah sejak lama terpatri di dalam hati sanubari, kemudian dijadikan landasan yang kuat untuk meraih prestasi setinggi mungkin, karena Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia menaruh harapan yang besar kepada prajurit untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Oleh karenanya, kalian harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk meningkatkan kemampuan, memelihara dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan diri, memelihara dan mematuhi disiplin, tata tertib dan hukum serta HAM.

Ini perlu saya sampaikan karena dengan pemahaman yang baik, kalian akan tetap berada dalam koridor perilaku yang berdisiplin, selalu fokus pada tujuan yang hendak dicapai, sekaligus menghindarkan kalian dari pengaruh-pengaruh negatif.

Undangan dan peserta upacara yang saya hormati;

Kita menyadari bahwa tugas dan peran TNI yang diemban dimasa mendatang akan semakin kompleks dan penuh tantangan. Konsekuensinya sebagai Prajurit profesional, dituntut untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan kemampuan, agar TNI sebagai kekuatan pertahanan Negara senantiasa mampu meng-aktualisasikan diri selaras dengan tuntutan tugas.

Oleh karena itu, tanamkan pada diri kalian nilai-nilai kejuangan, budayakan kegiatan belajar dan berlatih, tumbuhkan sikap pantang menyerah serta kesiapan untuk melaksanakan tugas. Hal ini harus menjadi rangkaian yang mewarnai kegiatan keseharian dan tanamkan keyakinan pada diri kalian sebagai seorang Prajurit sejati yang solid, profesional serta bermartabat tinggi.

Selanjutnya sadarilah, pengabdian melalui profesi sebagai Prajurit TNI AD seperti yang kalian pilih, pada hakikatnya merupakan suatu kehormatan sekaligus kebanggaan, karena kemampuan teknis kemiliteran yang dimiliki Prajurit TNI AD tersebut, tidak dimiliki oleh semua orang dan penggunaannya pun dengan taruhan jiwa raga, untuk menjamin tetap tegaknya kedaulatan Bangsa serta terjaganya keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Dengan kebanggaan profesi seperti itulah semua Prajurit TNI AD harus dapat menunjukkan penampilan yang simpatik di tengah-tengah Rakyat dan lingkungan masyarakat luas. Hal tersebut merupakan langkah awal untuk melaksanakan tugas pembinaan Teritorial sebagai wujud nyata penerapan doktrin Kartika Eka Paksi.

Hal ini perlu diketahui, karena urusan pertahanan Negara mempunyai spektrum yang sangat luas. Oleh karenanya harus mengikutsertakan seluruh rakyat dan komponen Bangsa lainnya. Tanpa dukungan Rakyat sebagai komponen pendukung, kekuatan TNI sebagai komponen utama tidaklah berarti apa-apa.

Maka, jangan sekali-kali menyakiti dan melukai hati Rakyat, tetapi kembangkanlah pendekatan-pendekatan berdasarkan cinta kasih, dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Undangan dan peserta upacara yang saya hormati;

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya perlu menyampaikan beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman bagi seluruh prajurit dalam melaksanakan tugas:

Pertama : Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar senantiasa mendapat bimbingan dan petunjuk-Nya.

Kedua : Pelihara dan tingkatkan disiplin, loyalitas dan jiwa korsa.

Ketiga : Jangan merasa puas dengan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh, tetapi kalian harus belajar terus menerus untuk menjadi Bintara dan Tamtama yang profesional.

Keempat: Jaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar dengan menerapkan kemampuan teritorial yang dimiliki untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Demikian amanat saya, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati dan memberi kekuatan kepada kita dalam menjalankan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

Sekian dan terima kasih.

Jayapura, 26 Juli 2008

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih

Haryadi Soetanto

Mayor Jenderal TNI

Tidak ada komentar: