Prakata

Ass. Wr. Wb
Salam sejahtera bagi kita semua


Puji dan syukur senantiasa kita persembahkan kehadirat Tuhan YME, atas kehendak-Nya kita senantiasa berada dalam perlindungan-Nya.

Pada kesempatan ini saya memberanikan diri untuk menggoreskan pena dalam pengantar terbentuknya blog kumpulan amanat maupun sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih. Saya yakin blog ini dapat dijadikan sarana untuk referensi berita bagi kita bersama.

Tidak lupa saya ungkapkan terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak atas ide dan saran yang mendukung hingga terciptanya blog ini.

Terima kasih.

Wass. Wr.Wb


Jayapura, Juli 2008



(Pace Darock)

Kamis, 24 Juli 2008

Sertijab Danrem 172/PW

AMANAT

UPACARA SERAH TERIMA TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB JABATAN DANREM 172/PRAJA WIRAYAKTHI

Tanggal : 25 Juli 2008

Tempat : Lap. Makorem 172/PW

Yang terhormat:

- Gubernur Provinsi Papua atau yang mewakili;

Yang saya hormati :

- Unsur Muspida Provinsi Papua, Kabupaten Jayapura;

- Para pejabat teras Kodam XVII/ Cenderawasih;

- Ketua beserta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana daerah Kodam XVII/Cenderawasih;

- Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Korem 172/Praja Wrayakthi yang saya cintai dan banggakan;

- Insan pers dan hadirin yang saya hormati pula;

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh dan salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita memperoleh kesehatan dan kekuatan, sehingga dapat mengikuti upacara serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan Komandan Korem 172/Praja Wirayakthi, dari Kolonel Kavaleri Burhanuddin Siagian kepada Kolonel Czi I Made Sukadana.

Kita baru saja menyaksikan penyerahan Dhuaja Korem 172/Praja Wirayakthi, tongkat Komando dan penyemat-an tanda pangkat Komando. Pergantian pejabat dan mutasi personel di ling-kungan TNI AD khususnya di Kodam XVII/Cenderawasih ini merupakan hal yang wajar sebagai bentuk realisasi dari kebijakan pimpinan TNI AD dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan orga-nisasi guna mengoptimalkan kemampuan satuan dalam mendukung tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih.

Para peserta upacara dan hadirin sekalian;

Kita ketahui bersama bahwa Korem 172/Praja Wirayakthi sebagai organisasi pertahanan Negara, khususnya di wila-yah daratan Papua yang dihadapkan dengan luas wilayah dan hakikat ancaman serta keterbatasan kemampuan, tentunya tugas tersebut bukanlah hal yang ringan.

Untuk itu, dalam mempersiapkan wilayah pertahanan Negara, baik dari aspek geografi, demografi maupun kon-disi sosial, Korem 172/Praja Wirayakthi mutlak harus membangun kerjasama dan partisipasi aktif dengan semua komponen Bangsa.

Kerjasama semua aparat dan warga Negara tersebut adalah suatu keharusan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia, nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan Negara.

Kerjasama ini diharapkan bukanlah suatu kebutuhan musiman, tetapi seyogyanya menjadi kebutuhan sepanjang masa, karena ancaman yang akan merongrong kedaulatan Bangsa dan keutuhan wilayah Negara, mungkin saja timbul sewaktu-waktu.

Peserta upacara dan hadirin yang saya hormati;

Keadaan wilayah Papua secara umum dapat dikatakan kondusif, dan semakin banyaknya saudara-saudara kita yang kembali ke pangkuan ibu pertiwi, menyatakan setia kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, merupakan tolok ukur dari cukup berhasilnya kerjasama yang telah dibangun guna menciptakan kondisi yang semakin kondusif. Kondisi ini harus kita jaga, bahkan kita tingkatkan. Sebab, pertahanan Negara yang baik adalah salah satu modal yang tidak ternilai harganya, dalam upaya mencapai cita-cita Bangsa.

Kesemua ini tentu tidak terlepas dari peran yang dilakukan Kolonel Kavaleri Burhanuddin Siagian, selama menjabat sebagai Komandan Korem 172/Praja Wirayakthi.

Berkaitan dengan hal tersebut pada kesempatan yang baik ini, kepada Kolonel Kavaleri Burhanuddin Siagian saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Semoga dalam mengemban jabatan yang baru nanti, Kolonel juga dapat meraih keberhasilan yang lebih baik lagi.

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada Ny. Burhanuddin Siagian, atas dedikasinya pada organisasi Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cenderawasih, khususnya di lingkungan Koorcab Rem 172/Praja Wirayakthi.

Selanjutnya kepada Kolonel Czi I Made Sukadana beserta istri, saya ucapkan selamat menjalankan tugas yang ba-ru sebagai Komandan Korem 172/Praja Wirayakthi, Segeralah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru sebagai Ksatria Pelindung Rakyat dan laksanakanlah tugas ini dengan sebaik-baiknya. Lanjutkan hal-hal positif yang telah dirintis pejabat lama, dan buatlah inovasi-inovasi baru yang dipandang baik, bagi optimali-sasi pencapaian tugas pokok.

Saya yakin, dengan pengalaman Kolonel pada jabatan sebelumnya yang juga merupakan pengalaman yang berharga, dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas sebagai Komandan Korem 172/Praja Wirayakthi, guna dapat membentuk Prajurit yang profesional, dan mampu melaksanakan tugas dengan penuh disiplin dalam rangka menegakkan NKRI, menjaga keutuhan wilayah nasional serta melindungi segenap Bangsa Indonesia di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Khusus kepada Pemerintah Daerah, rakyat dan segenap mitra Korem 172/Praja Wirayakthi, selaku Panglima dan atas nama Prajurit dan keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih, saya ucapkan terima kasih, atas dukungan dan kerjasama yang baik selama ini, dengan harapan kerjasama yang baik ini, dapat diteruskan dan ditumbuh kembangkan kepada pejabat baru.

Demikian Amanat Saya. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa Senantiasa memberikan bimbingan, Dan keberhasilan kepada kita sekalian, dalam mempertahankan kedaulatan Bangsa dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh dan salam sejahtera untuk kita sekalian.

Sekian dan terima kasih.

Jayapura, 25 Juli 2008
Panglima Kodam XVII/Cenderawasih


Haryadi Soetanto
Mayor Jenderal TNI

Tidak ada komentar: